Cara Pendaftaran / Registrasi Training Ekspor Impor

Banyak pertanyaan yang ditujukan kepada kami mengenai bagaimana cara mendaftar dan mengikuti training ekspor impor yang diselenggarakan oleh Optima Learning ? Sebab para peserta banyak sekali yang berasal dari luar kota tempat dilaksanakannya pelatihan (Jakarta, Bandung, & Yogyakarta).

Sebenarnya dari pertama kali kami menyelenggarakan pelatihan ekspor impor, untuk pendaftaran sudah dilakukan secara “semi online” yaitu dengan mengirimkan form registrasi yang harus diisi oleh peserta melalui fax (cetak) atau email (Dalam bentuk lampiran dengan format Ms.Word).

Seiring dengan perkembangan teknologi online (internet) yang sangat pesat, mulai tahun 2016 kami menggunakan cara baru untuk proses registrasi, yaitu pada saat pengisian data peserta kami menggunakan halaman web. Bagi anda yang baru mengenal dan menggunakan fitur ini berikut kami berikan panduannya step by step :

Jika anda melakukan request via email, telephone, sms, atau whatsapp, maka kami akan mereply dengan memberikan alamat url halaman web (sesuai dengan topik training yang akan diikuti) untuk melakukan registrasi.

Jika anda mengakses page utama web ini (www.optimalearning.co.id) silahkan klik / pilih topik training yang akan diikuti :

Topik - Topik Training Export - Import

Pengisian Data Peserta

Setelah memilih topik training silahkan mengisi form registrasi pada bagian bawah. Pada form isian data peserta, berikut data – data yang harus anda isikan (kami urutkan dengan tanda angka romawi) :

I. Nama instansi atau perusahaan. Kolom tersebut diisi nama instansi atau perusahaan jika anda mendaftar atas nama perwakilan perusahaan atau instansi. Jika anda mendaftar atas nama personal maka kolom tersebut tidak harus diisi.

II. Alamat Peserta Training. Bisa diisi alamat kantor instansi atau perusahaan anda, atau alamat rumah jika anda mendaftar atas nama perorangan. Kolom alamat ini wajib diisi dengan benar dan lengkap karena kami akan mengirimkan sertifikat keikutsertaan training ke alamat tersebut seusai training.

III. Alamat Email. Kolom alamat email wajib diisi dengan email yang valid dan masih aktif, karena kami akan mengirimkan konfirmasi registrasi training dan informasi lainnya melalui email tersebut. *Note : Jika anda menggunakan layanan free email seperti Gmail, Yahoo, dll sebaiknya anda memeriksa juga folder spam untuk melihat email konfirmasi dari kami, karena ada kalanya email tersebut tidak masuk di Inbox utama tetapi masuk ke folder spam.

IV. No Handphone. Kolom no handphone wajib diisi dengan no yang valid dan masih aktif, karena kami juga akan mengirimkan notifikasi melalui sms untuk respon yang lebih cepat.

*Note : Kami sangat menjaga & menghargai privasi, jadi kami tidak akan menginformasikan alamat email dan no handphone anda kepada pihak – pihak lain tanpa seizin anda.

V. Tanggal Training. Kolom tersebut wajib diisi dengan tanggal public training yang akan diikuti sesuai dengan informasi jadwal pada bagian atas halaman registrasi.

VI. Nama Peserta. Kolom tersebut diisi dengan nama – nama peserta yang akan mengikuti training. Jika peserta lebih dari satu anda bisa menggunakan penomoran seperti contoh berikut, dengan cara menekan tombol enter untuk menambahkan penomoran :

  1. Mr.ABC
  2. Mr.DEF
  3. Mrs.GHI
  4. Dan seterusnya

VII. Topik Training. Untuk pilihan topik public training hanya ada satu yaitu “Export – Import Procedure & Implementation“, silahkan klik atau centang pada kotak isian. Jika anda menginginkan training dengan topik – topik lain yang lebih khusus anda bisa melakukan request In House Training kepada kami. Untuk informasi lebih lengkap mengenai topik – topik khusus tersebut bisa anda lihat disini.

VIII. Pembayaran Training. Untuk proses pembayaran training kami mempunyai tiga opsi yaitu :

  1. Transfer bank tanpa invoice. Jika anda memilih opsi ini maka setelah registrasi anda akan menerima email konfirmasi untuk melakukan transfer pembayaran training ke no rekening yang tercantum dalam email.
  2. Transfer bank dengan scan original invoice. Jika anda memilih opsi ini maka setelah registrasi anda akan menerima email konfirmasi untuk melakukan transfer pembayaran training disertai dengan lampiran scan invoice asli bermeterai 6.000.
  3. Transfer bank dengan original invoice. Jika anda memilih opsi ini maka setelah registrasi anda akan menerima email konfirmasi bahwa data registrasi telah diterima dan invoice asli dalam bentuk cetak bermeterai 6.000 akan dikirimkan ke alamat yang anda daftarkan. Untuk pengiriman invoice cetak kami biasa menggunakan jasa kurir JNE dan memerlukan waktu beberapa hari tergantung jauh dekatnya jarak kota / alamat anda dari kota Bandung.

*Note :

– Jika anda memilih opsi pembayaran dengan menyertakan original invoice sebaiknya waktu registrasi tidak terlalu mepet dengan jadwal training, karena akan memerlukan “waktu lebih lama” dalam prosesnya.

– Untuk pembayaran public training paling lambat 2 (dua) hari sebelum tanggal pelaksanaan training. Hal tersebut karena kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi anda, untuk itu kami melakukan prepare hal – hal yang berkaitan dengan training lebih awal. Berikut yang biasa kami persiapkan sebelum hari H training : Booking training room Hotel, Cetak modul training, prepare soft file materi training yang diberikan oleh trainer, mempersiapkan transportasi dan akomodasi trainer beserta team, final check kondisi training room beserta fasilitas pendukung seperti projector, TV screen, sound system, menu coffee break & lunch, alat tulis untuk training, dll.

IX. Harapan atau Goal Peserta. Pada kolom ini secara khusus bisa diisikan harapan, goal, atau target yang diinginkan peserta atau perusahaan dalam mengikuti training sehingga kami bisa mempersiapkannya secara khusus dan dengan lebih baik untuk memenuhi hal tersebut.

X. Submit Form. Silahkan klik tombol submit untuk persetujuan anda dan otomatis data – data registrasi tersebut akan terkirim ke database kami. Setelah anda melakukan submit registrasi maka beberapa waktu kemudian akan mendapatkan konfirmasi via email atau notifikasi via handphone.

Demikian informasi mengenai cara pendaftaran pelatihan ekspor impor yang kami selenggarakan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Jika ada hal – hal lain yang perlu ditanyakan jangan sungkan untuk selalu menghubungi kami via telephone (call, sms, whatsapp), email, atau halaman contact.

Happy Learning  😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *